Friday, February 10, 2012

Leon Britton, Pengumpan Terakurat Di Eropa

Lupakan Xavi, Inilah Pengumpan Terakurat
Gelandang Swansea City Leon Britton beraksi pada sebuah partai lanjutan Liga Premier.
Leon Britton (walesonline)

Mau tahu siapa gelandang pengumpan terakurat di Eropa? Jika tebakannya gelandang elegan Barcelona Xavi Hernandez, Anda patut mengoreksi. Pemain dengan rata-rata umpan tersukses paling tinggi dimiliki gelandang Swansea City Leon Britton.

Pemain berjuluk The Little, dari posturnya yang bertinggi 165 sentimeter, merupakan pemain paling akurat dalam memberikan umpan di Eropa. Itulah data statistik yang dihimpun Opta, spesialis pengolah data statistik olahraga, dari lima liga utama di Benua Biru.

Opta menempatkan Britton di urutan pertama dengan tingkat keakuratan umpan sebesar 93,3 persen dan mengungguli angka rata-rata milik Xavi, jenderal lapangan tengah Barcelona dan Timnas Spanyol. Tingginya angka rata-rata itu juga dipegang trio gelandang Swansea: Britton, Joe Allen, dan Kemy Agustien. Mereka tak kalah dengan trio Barca: Xavi, Andres Iniesta, dan Sergio Busquets.

Britton, 29 tahun, merupakan dua pemain Swansea yang berada di 10 tingkat elite gelandang di Eropa untuk urusan keakuratan umpan. Satu lainnya yakni Allen yang baru berusia 21 tahun. Gelandang alumnus akademi sepakbola Arsenal ini juga tercatat menjadi satu dari sedikit pemain yang mampu mencatatkan 100 persen passing akurat dalam sebuah pertandingan, ketika Swansea melibas Bolton Wanderers 3-0, Oktober lalu.

Sebuah catatan mengesankan. Pasalnya hanya sembilan pemain yang mampu mencatat prestasi umpan tanpa cela di sebuah pertandingan dalam enam tahun terakhir. Namun delapan pemain lain itu, selain Britton, semuanya berposisi pemain bertahan yang biasanya memberikan bola ke sesama rekan di barisan belakang.

Itulah mengapa tak heran The Swans, julukan Swansea, mampu mengalahkan Arsenal 3-2 akhir pekan lalu. Filosofi menyerang yang diracik manajer Brendan Rodgers juga tak bisa dikesampingkan. Manajer yang pernah diminta bantuannya oleh Jose Mourinho menangani tim reserve Chelsea itu mampu membawa Swansea saat ini menempati posisi ke-10 di musim debut Liga Premier.
sumber

No comments:

Post a Comment