Saturday, February 11, 2012

Cara Membeli Produk di Amazon

Berawal dari pertanyaan yang dianjukan oleh seorang sobat di forum GTJ, sobat tersebut menanyakan apakah di indonesia kita bisa belanja online di amazon.com? dan ada sebuah komentar lain yang mengatakan Bukannya amazon.com cuma untuk United States?” dengan kata lain untuk Indonesia tidak bisa.
Tujuh tahun sudah saya menjadi pelanggan dari amazon.com. Khususnya di amazon.com saya biasa membeli CD atau DVD musik classic seperti Luciano Pavarotti, Andrea Bocelli, Josh Groban, Il Divo, Sarah Brightman, dsb.
Meskipun hampir semua barang disediakan di situs tersebut, namun tidak semua barang bisa dikirim ke luar Amerika. Tentunya untuk barang-barang yang berukuran “besar, berat dan mewah”, seperti barang elektronik (kecuali handycam, laptop, camera digital), peralatan pertanian atau perkebunan, perabot rumah/kantor, dan lain-lain tidak bisa dikirim ke luar Amerika. Uniknya piringan PS3 juga tidak bisa. Tidak tahu mengapa, padahal format dan beratnya relatif sama dengan DVD, maupun Blu-ray Disc.
Saat pertama kali saya mencoba untuk transaksi dengan pembayaran menggunakan kartu kredit, banyak sobat mengatakan bahwa kartu kredit dari Indonesia tidak diterima untuk transaksi internasional seperti itu. Namun ternyata setelah saya buktikan sendiri, hal itu tidaklah benar. Bahkan hingga menjelang di tahun ke-delapan, tidak pernah ada kendala satu kalipun dalam transaksi di amazon.com.
Berdasarkan pengalaman pribadi selama ini, berbelanja secara di amazon.com cukup menyenangkan. Service-nya cepat dan bagus. Ketika kita memilih sebuah judul album, secara otomatis amazon.com akan memberi informasi dan menawarkan kepada kita sejumlah judul album dengan jenis yang sama dengan musik yang kita pilih itu, atau berdasarkan artis atau penyanyinya.
Kalau kita melakukan pre-order, maka ada jaminan bahwa harga yang ditawarkan itu tidak akan naik, meskipun ketika jadwal rilisnya tiba harganya naik. Sebaliknya, kalau harganya turun, yang dipakai adalah harga termurah saat jadwal rilisnya tiba. Keren kan?
Ketika transaksi sudah kita lakukan, maka kita akan mendapat konfirmasi via e-mail tentang rincian transaksi tersebut. Apa yang kita beli, berapa jumlahnya, berapa biaya totalnya termasuk ongkos kirimnya, dan kepada siapa paket tersebut kita minta dikirim. Hal ini penting bagi kita untuk melakukan pengecekan terhadap kebenaran transaksi tersebut.
Oh ya, perlu diketahui beberapa waktu yang lalu amazon.com hanya bisa mengirimkan barang berupa buku atau CD/DVD ke indonesia tapi sekarang amazon.com sudah mendukung pembelian dan pengiriman barang ke banyak negara di dunia dengan adanya Amazon International Shipping. Di Amazon International Shipping kita telah difasilitasi untuk mengimpor barang dari US sana sehingga kita tidak akan dikenai biaya impor lagi oleh bea dan cukai indonesia.
Ada tiga pilihan jenis cara pengiriman berdasarkan jangka waktu pengiriman sampai dengan perkiraan waktu penerimaan barang, yakni:
1. Standard International Shipping - 17 s.d. 26 hari kerja
2. Expedited International Shipping - 5 s.d. 10 hari kerja
3. Priority International Courier - 3 s.d. 6 hari kerja
Pilihan yang pertama dan yang kedua untuk di Indonesia menggunakan jasa PT. Pos Indonesia. Sedangkan pilihan ketiga, biasanya menggunakan jasa kurir internasional, seperti FedEx atau DHL. Semakin cepat jangka waktu pengirimannya tentu makin mahal pula ongkos kirimnya.
Pada setiap transaksi yang kita lakukan selalu diinformasikan tentang perkiraan waktu penerimaan barang sesuai dengan jenis cara pengiriman yang kita pilih. Hebatnya, perkiraan waktu penerimaan tersebut relatif akurat meski terkadang meleset tapi biasanya tidak lebih dari 7 hari kerja. He..he…
Kita juga dapat memantau perjalanan paket kita itu melalui website amazon.com. Mulai dari waktu pengepakannya, pengirimannya dari Amerika, paket kita itu sudah ada di mana, dan tahapan proses apa sudah masuk Indonesia? Sudah diproses Bea Cukai? Dan seterusnya. sampai akhirnya kapan kita telah menerimanya. Atau juga melalui website Pos Indonesia online dan berstatus sebagai Kiriman Tercatat Luar Negeri.
Sebagaimana semua barang yang masuk dari luar Indonesia, paket-paket kita yang dari amazon.com ini juga harus melalui pemeriksaan Bea dan Cukai. Biasanya paket itu dibuka untuk diperiksa isinya, kemudian dibungkus kembali. Kalau nilai barangnya tidak melewati batas nilai tertentu dalam rupiah, tidak ada biaya tambahan, kecuali membayar biaya bungkus kembali sebesar Rp7.500 per paket.
Yang tidak lazim di Indonesia, tapi ada di amazon.com, yakni barang yang sudah dibeli masih bisa ditukar atau dibatalkan. Bahkan untuk yang sudah telanjur dikirim pun masih bisa dikembalikan, tentunya dengan disertai alasannya.
Pernah satu kali saya mengembalikan DVD yang saya terima. Ketika itu tidak tahu mengapa DVD yang saya beli tidak bisa dimainkan/diputar di player saya. Maka saya langsung cepat-cepat kirim kembali. Ternyata bisa diterima, dan uang saya dikembalikan dalam bentuk transaksi di kartu kredit yang saya pakai untuk membayar DVD tersebut.
DVD musik classic/seriosa yang sudah saya koleksi dari amazon.com, antara lain,
Demikianlah sekedar sharing sekelumit pengalaman berbelanja di amazon.com yang merupakan “The Biggest Market” di dunia dengan pelayanan yang oke dan keren. Semoga bermanfaat...
Sumber: Dari Berbagai Sumber dan Pengalaman Pribadi

No comments:

Post a Comment