Tuesday, February 21, 2012

Braille Touch, Aplikasi Mengetik Bagi Tuna Netra di Smartphone

Sejatinya gadget dibuat tidak hanya untuk orang normal saja, tetapi ada banyak cara dimana teknologi dapat membantu pengguna yang memiliki keterbatasan. Sebuah aplikasi mobile bernama Braille Touch, akan sangat mempermudah pengguna tuna netra pada khususnya, jika mereka ingin mengirim pesan.

Aplikasi ini sedang dikembangkan oleh Georgia Tech, dan merupakan aplikasi open source. Tentu ini kabar baik, jadi pengembang lain dapat men-tweak dan memodifikasinya sesuai dengan keinginan mereka.

Layanan ini memiliki tombol 6 set-up yang terbagi 3 tombol di sisi kanan dan kiri. Saat diuji, aplikasi tersebut "bebas mata", jadi saat mengetik huruf, pengguna bisa tidak melihat sama sekali, karena posisi layar smartphone menghadap ke depan. Braille Touch hanya dapat membaca simbol dan huruf dari abjad Inggris. Menurut penelitian, pengguna mampu mengetik dengan kecepatan mengetik hingga 32 kata per menit, dengan akurasi ejaan 92 persen. 

Saat ini, Georgia Tech telah mengembangkan aplikasi hanya untuk iPhone dan iPad, namun versi Android dikatakan dalam tahap pengembangan.
sumber

No comments:

Post a Comment