Wednesday, February 8, 2012

Kampanye Politik Wanita Terpendek di Dunia, Jyoti Amge

Jyoti Amge, wanita terpendek di dunia menurut rekor Guinness, kini ikut kampanye untuk seorang kandidat partai Hindu-garis keras, Maharashtra Reconstruction Party, di Mumbai, India, 7 Februari 2012. Tinggi Jyoti Amge hanya 62,8 cm.
Tiny Jyoti hanya memiliki tinggi 11.5 inci ( 29, 21 cm) dan memiliki berat 12 lb (5,4 kg). Saat dilahirkan Tiny hanya memiliki berat 5 lb (2,26 kg).

Menurut ibu Jyoti, Ranjana Amge (45 tahun) dokter mengatakan kalau Joyti adalah cebol permanen.
“Gak ada yang tahu mengapa dia begitu kecil. Kami sudah berkonsultasi dengan seorang spesialis dan dia mengatakan Jyoti bakalan berukuran setinggi saat ini selamanya.
Jyoti kecil dan imut dan kami sangat mencintainya,” ujar sang ibu.

Jyoti Amge, Seorang wanita di Nagpur, India mendapat hadiah spesial di hari ulang tahun ke-18 nya, dengan dicantumkan dalam Guinness Book of Records (rekor dunia) sebagai wanita paling pendek di dunia dengan tinggi badan 61,95 cm. Ia mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh wanita Amerika, Bridgette Jordan dengan selisih tinggi badan 7 cm.

Jyoti Amge hanya memiliki berat sebesar 5,5 kg sekarang, hanya sekitar 4 kg lebih berat dari waktu ketika ia dilahirkan. Tinggi badannya dalam 2 tahun terakhir juga perkembangannya tak melebihi 1 cm, dan tak akan mengalami penambahan lagi. Ia dalam dunia medis dinyatakan mengalami suatu kondisi tubuh yang kerdil disebut achondroplasia, dimana seseorang berhenti tumbuh setelah usianya menginjak umur 1 tahun. Lihat perbandingan ukurannya dengan boneka (gambar kiri bawah), dan dengan seorang anak berusia 13 bulan (gambar kanan bawah) di bawah ini. Semua foto diambil dari dailymail.co.uk

Walaupun bertubuh kerdil, tapi ia tidak pernah merasa minder dan tak mau diperlakukan berbeda dari orang kebanyakan. Ia malah senang dengan kondisi tubuhnya karena dengannya orang mengenali dan mengetahui eksistensinya. Tak heran ia tidak diperlakukan secara negatif oleh lingkungannya, malah sudah bagaikan seorang selebriti di negeri asalnya. Ia pun sebenarnya sudah mengharapkan dinobatkan menjadi wanita paling pendek di dunia yang dengannya membuat seluruh dunia tahu negeri asalnya yakni Nagpur di India. Keinginan lainnya adalah menjadi bintang film Bollywood, yang sepertinya akan terkabul tahun depan, untuk membuat orang lain senang, katanya.

Dengan kondisi kelainan tubuh ini, Jyoti Amge memiliki tulang yang rapuh dan perlu mendapat perhatian khusus sepanjang hidupnya, akan tetapi cara pandang hidup yang positif dari wanita paling pendek dunia di India ini merupakan sumber inspirasi bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment