Monday, December 12, 2011

TEMPLE OF LITERATURE - Kuil Văn Mieu

Temple of Literature (Vietnam: Văn Mieu (文庙)) adalah sebuah kuil Konfusius di Vietnam. Meskipun beberapa Văn Mieu dapat ditemukan di seluruh Vietnam, yang paling menonjol dan terkenal adalah yang terletak di kota Hanoi, yang juga berfungsi sebagai universitas pertama di Vietnam. Ini adalah fitur pada bagian belakang uang kertas seratus ribu Dong Vietnam.


The landmark ini didirikan pada 1070 sebagai sebuah kuil Konghucu. Hanya bagian tanggal Văn Mieu kompleks kembali ke masa paling awal, walaupun banyak dari arsitektur tanggal ke Ly (1010 - 1225) dan Trần (1225 - 1400) Dinasti.
Universitas pertama di Vietnam 1076, yang Quoc Tu Giam (国子监) atau Imperial Academy, didirikan dalam kuil untuk mendidik birokrat Vietnam, bangsawan, royalti dan anggota lain dari elite. Universitas berfungsi selama lebih dari 700 tahun, 1076-1779. Mengingat kesulitan ekstrim dari pemenang tes dokter, mahasiswa berlalu ujian akhir. Daftar nama terpahat di Prasasti batu setiap tahun selama periode ini sangat kecil. Prasasti catatan 2.313 siswa lulus sebagai dokter laureats.



Kaisar Le Thanh Tong didirikan tradisi, dating kembali ke 1484, dari ukiran nama-nama pemenang dari universitas di steles batu yang ditempatkan di atas kura-kura batu. Dari 116 steles sesuai dengan ujian yang diselenggarakan antara 1142 dan 1778, hanya 82 tetap.
[Sunting] Deskripsi Văn Mieu


Menurut buku Sejarah Lengkap dari Viet Besar, "Pada musim gugur tahun Canh Tuat, tahun kedua Than Vu (1.070), pada bulan 8 lunar, selama pemerintahan Raja Ly Thanh Tong, Kuil Sastra dibangun. The patung Konfusius, empat murid terbaik: Yan Hui (Nhan Uyên), Zengzi (Tang Sam), Zisi (TU TU), dan Mencius (Manh TU), serta Adipati Zhou (Cong Chu ), yang diukir dan 72 patung lainnya sarjana Konfusius dicat Upacara yang didedikasikan kepada mereka di masing-masing empat musim.. Sang Putri Mahkota belajar di sini. "

Ini tempat suci kuno Konfusianisme sekarang dianggap sebagai salah satu situs terbaik Hanoi sejarah. Candi ini didasarkan pada kelahiran Konfusius 'di Qufu di provinsi Shandong Cina. Ini terdiri dari lima halaman berjajar di pesanan, pintu masuk pertama, melalui gerbang kembar-tier mengesankan Mieu Văn, mengarah pada tiga jalur yang menjalankan panjang kompleks.

Jalan pusat hanya disediakan untuk raja, satu untuk yang kiri untuk Mandarin administrasi dan seorang di sebelah kanan untuk Mandarin militer. Dua halaman pertama adalah havens damai pohon-pohon tua dan baik-dipangkas rumput di mana ulama bisa santai jauh dari hiruk pikuk kota di luar tembok batu tebal.

Masuk ke halaman ketiga adalah melalui mendominasi Khuê Văn CAC (konstelasi sastra), sebuah paviliun besar yang dibangun pada tahun 1802. Tengah untuk halaman ini adalah Thien Quang Tinh ("Well Of Surgawi Kejelasan"), baik sisi yang berdiri dua ruangan besar yang rumah benar harta kuil. Ini adalah 82 batu steles. 34 lainnya diyakini telah hilang selama bertahun-tahun. Mereka duduk di atas kura-kura dan batu bertuliskan nama dan tempat kelahiran 1306 orang-orang yang diberikan gelar doktor dari ujian tiga tahunan diadakan di sini pada Quoc Tu Giam ("Imperial Academy") antara 1484 dan 1780, setelah itu ibukota dipindahkan ke Huế.

Halaman keempat berbatasan di kedua sisinya oleh paviliun besar yang pernah mengandung altar 72 dari siswa Konfusius 'terbesar tapi sekarang berisi kantor-kantor, toko suvenir dan sebuah museum kecil yang menampilkan sumur tinta, pena, buku dan artefak pribadi milik beberapa mahasiswa bahwa belajar di sini selama bertahun-tahun. Di ujung halaman adalah altar dengan patung Konfusius dan empat muridnya terdekat. Halaman kelima berisi Quoc Tu Giam, universitas pertama Vietnam, didirikan pada 1076 oleh Raja Ly Duc Bisa, tapi ini dihancurkan oleh pengeboman Perancis pada tahun 1947.

Komplek ini telah mengalami restorasi yang banyak, terakhir pada tahun 1920 dan sekali lagi pada tahun 1954, tetapi tetap salah satu contoh beberapa sisa kemudian Dinasti Ly (1009-1225) arsitektur di jalan berjalan kaki persegi Ba Dinh.
sumber

No comments:

Post a Comment