1.
| Hakim terdiri dari tiga golongan. Dua golongan hakim masuk neraka dan segolongan hakim lagi masuk surga. Yang masuk surga ialah yang mengetahui kebenaran hukum dan mengadili dengan hukum tersebut. Bila seorang hakim mengetahui yang haq tapi tidak mengadili dengan hukum tersebut, bahkan bertindak zalim dalam memutuskan perkara, maka dia masuk neraka. Yang segolongan lagi hakim yang bodoh, yang tidak mengetahui yang haq dan memutuskan perkara berdasarkan kebodohannya, maka dia juga masuk neraka. (HR. Abu Dawud dan ath-Thahawi) |
|
2. | Lidah seorang hakim berada di antara dua bara api sehingga dia menuju surga atau neraka. (HR. Abu Na'im dan ad-Dailami) |
3. | Barangsiapa diangkat menjadi hakim maka dia telah disembelih tanpa menggunakan pisau. (HR. Abu Dawud) |
4. | ALLAH beserta seorang hakim selama dia tidak menzalimi. Bila dia berbuat zalim maka ALLAH akan menjauhinya dan setanlah yang selalu mendampinginya. (HR. Tirmidzi) |
5. | Bila seorang hakim mengupayakan hukum (dengan jujur) dan keputusannya benar, maka dia akan memperoleh dua pahala. Tetapi bila keputusannya salah maka dia akan memperoleh satu pahala. (HR. Bukhari) |
6. | Janganlah hendaknya seorang wanita menjadi hakim yang mengadili urusan masyarakat umum. (HR. ad-Dailami) |
7. | Salah satu dosa paling besar ialah kesaksian palsu. (HR. Bukhari) |
8. | Rosululloh SAW bersabda : "Disejajarkan kesaksian palsu dengan bersyirik kepada ALLAH." Beliau mengulang-ulang sabdanya itu sampai tiga kali. (Mashabih Assunnah) |
9. | Nabi SAW mengadili dengan sumpah dan saksi. (HR. Muslim) |
10 | Maukah aku beritahukan saksi yang paling baik? Yaitu yang datang memberi kesaksian sebelum dimintai kesaksiannya. (HR. Muslim) |
11. | Pria paling dibenci ALLAH ialah orang yang bermusuhan dengan sengit. (HR. Bukhari) |
12. | Janganlah hendaknya seorang hakim mengadili antara dua orang dalam keadaan marah. (HR. Muslim) |
13. | Tidak halal darah (dihukum mati) seorang muslim kecuali karena salah satu dari tiga sebab. Pertama, duda atau janda yang berzina (juga suami atau isteri). Kedua, hukuman pembalasan karena menghilangkan nyawa orang lain (Qishas), dan ketiga, yang murtad dari Islam dan meninggalkan jama'ah. (HR. Bukhari) |
14. | Rosululloh SAW pernah memenjarakan seseorang karena suatu tuduhan kemudian dibebaskannya. (HR. an-Nasaa'i) |
15. | Sesungguhnya aku mengadili dan memutuskan perkara antara kalian dengan bukti-bukti dan sumpah-sumpah. Sebagian kamu lebih pandai mengemukakan alasan dari yang lain. Siapapun yang aku putuskan memperoleh harta sengketa yang ternyata milik orang lain (saudaranya), sesungguhnya aku putuskan baginya potongan api neraka. (HR. Ath-Thusi) |
16. | Seorang wanita di jaman Rosululloh SAW sesudah fathu makkah telah mencuri. Lalu Rosululloh memerintahkan agar tangan wanita itu dipotong. Usamah bin Zaid menemui Rosululloh untuk meminta keringanan hukuman bagi wanita tersebut. Mendengar penuturan Usamah, wajah Rosululloh langsung berubah. Beliau lalu bersabda : "Apakah kamu akan minta pertolongan (men-syafa'ati) untuk melanggar hukum-hukum ALLAH azza wajalla?" Usamah lalu menjawab, "Mohonkan ampunan ALLAH untukku, ya Rosululloh." Pada sore harinya Nabi SAW berkhotbah setelah terlebih dulu memuji dan bersyukur kepada ALLAH. Inilah sabdanya : "Amma ba'du. Orang-orang sebelum kamu telah binasa disebabkan bila seorang bangsawan mencuri dibiarkan (tanpa hukuman), tetapi jika yang mencuri seorang awam (lemah) maka dia ditindak dengan hukuman. Demi yang jiwaku dalam genggaman-NYA. Apabila Fatimah binti Muhammad mencuri maka aku pun akan memotong tangannya." Setelah bersabda begitu beliau pun kembali menyuruh memotong tangan wanita yang mencuri itu. (HR. Bukhari) |
17. | Bila dua orang yang bersengketa menghadap kamu, janganlah kamu berbicara sampai kamu mendengarkan seluruh keterangan dari orang kedua sebagaimana kamu mendengarkan keterangan dari orang pertama. (HR. Ahmad) |
18. | Kami bersama Rosululloh SAW dalam suatu majelis. Rosululloh bersabda: "Berbai'atlah kamu untuk tidak syirik kepada ALLAH dengan sesuatu apapun, tidak berzina, tidak mencuri, dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan ALLAH (membunuhnya), kecuali dengan (alasan) yang benar. Barangsiapa menepatinya maka baginya pahala di sisi ALLAH dan barangsiapa yang melanggar sesuatu dari perkara-perkara itu maka dia dihukum dan itulah tebusannya (kafarat). Namun barangsiapa yang melanggar perkara-perkara itu dan dirahasiakan oleh ALLAH maka persoalannya adalah di tangan ALLAH. Bila Dia menghendaki maka akan diampuni-NYA atau disiksa-NYA (di akhirat)." (HR. Muslim) |
19. | Hindarkanlah tindakan hukuman terhadap seorang muslim sedapat mungkin karena sesungguhnya lebih baik bagi penguasa bertindak salah karena membebaskannya daripada salah karena menjatuhkan hukuman. (HR. Tirmidzi dan al-Baihaqi) |
20. | Barangsiapa menjauhi kehidupannya sebagai badui maka dia mengisolir dirinya, dan barangsiapa yang mengikuti perburuan maka dia akan lengah dan lalai. Barangsiapa yang mendatangi pintu-pintu penguasa maka dia akan terkena fitnah. Ketahuilah, seorang yang makin mendekatkan dirinya kepada penguasa akan bertambah jauh dari ALLAH. (HR. Abu Dawud dan Ahmad) |
Sumber:
1100 Hadits Terpilih (Sinar Ajaran Muhammad) - Dr. Muhammad Faiz Almath
Penerbit: Gema Insani Press
No comments:
Post a Comment