Tuesday, January 29, 2013

Arti Logo SMA Pius Gombong



Arti Logo SMA Pius Gombong:

Ada dua tulisan yang tercantum dalam logo ini, yaitu:
a. Identitas: SMA PIUSGOMBONG
http://kuwarasanku.blogspot.comTulisan ini mengungkapkan identitas SMA Pius Gombong.

 b. Moto “SEMPER EXCELSIUS”
SEMPER EXCELSIUS adalah sebuah ungkapan dalam bahasa Latin yang berarti “Selalu Lakukanlah Yang Terbaik!” (Always Do Your Best!). Ini adalah sebuah seruan yang memotivasi siswa-guru-karyawan-pengurus SMA Pius Gombong untuk senantiasa melakukan yang terbaik guna menjadi “insan pendidikan yang berperilaku luhur, bermutu dan berdasarkan cinta kasih” (bdk. Visi-Misi SMA Pius Gombong). Moto SEMPER EXCELSIUS senada dengan yang dikatakan dalam Alkitab: “Jadilah sempurna, seperti Bapamu di Surga sempurna adanya” (bdk. Mat 5:48). SEMPER EXCELSIUS memberikan motivasi pada segenap insan pendidikan SMA Pius Gombong bahwa situasi, hambatan dan keterbatasan yang ditemui bukanlah halangan untuk terus maju. Tugas manusia adalah selalu melakukan yang terbaik, sisanya serahkan pada Allah.

Warna-warna yang dipilih dalam logo SMA Pius Gombong menunjukkan karakter-karakter yang ingin ditanamkan dalam kepribadian setiap siswa-guru-karyawan-pengurus, yaitu:
a.  Hitam
Warna hitam menunjukkan kekuatan dan kepercayaan diri, kemauan untuk melindungi, bersifat elegan, penuh ketegasan dan kedisiplinan.
b. Biru
Warna biru berasosiasi dengan alam dan melambangkan keharmonisan. Warna biru juga menunjukkan karakter tenang dan mau memberikan perasaan sejuk, tentram, hening dan damai, memberi kenyamanan dan perlindungan.
c. Kuning
Warna kuning melambangkan warna matahari, cerah. Warna kuning membangkitkan energi dan mood, warna yang penuh semangat dan vitalitas, komunikatif dan mendorong ekspresi diri, memberi insprirasi, memudahkan berpikir secara logis dan merangsang kemampuan intelektual. Warna kuning juga melambangkan kemuliaan.
d. Putih
Warna putih melambangkan kesucian, kemurnian dan kepolosan, memberikan perlindungan, ketentraman, kenyamanan dan memudahkan refleksi.

Logo ini mencantumkan beberapa gambar yang mempunyai makna masing-masing, yaitu:
a. Perisai Berbentuk hati
Perisai menunjukkan karakter yang melekat pada setiap pribadi. Karakter ini yang melindungi setiap pribadi dari arus zaman yang menyesatkan. Perisai ini berbentuk hati untuk menunjukkan bahwa kasihlah yang melindungi dan menjadi identitas setiap pribadi. Di dalam perisai hati ini, ada beberapa lambang:

Salib Putih
Salib menunjukkan identitas SMA Pius Gombong sebagai lembaga pendidikan katolik. Konsili Vatikan II menyatakan bahwa anak-anak dan kaum remaja berhak didukung untuk belajar menghargai dengan suara hati, nilai-nilai moral, serta dengan tulus menghayatinya sehingga makin sempurna mengenal serta mengasihi Allah. Oleh karena itu, Lembaga pendidikan Katolik bertujuan untuk menciptakan lingkungan hidup bersama di sekolah, yang dijiwai semangat Injil, kebebasan dan cinta kasih, dan membantu kaum muda supaya dalam mengembangkan kepribadiannya sekaligus berkembang sebagai ciptaan baru (Konsili Vatikan II, Pernyataan tentang Pendidikan Katolik, art 8.). Selain untuk menunjukkan identitas lembaga pendidikan katolik, salib putih dicantumkan dalam logo SMA Pius Gombong juga untuk menunjukkan karakter cinta kasih dan pengorbanan Yesus Kristus yang menjadi semangat dasar setiap pribadi.

Buku
Buku menunjukkan ilmu pengetahuan yang dibentuk di SMA Pius Gombong. SMA Pius Gombong mendidik siswa menjadi pribadi-pribadi yang mau senantiasa mengembangkan ilmu pengetahuannya.

Tanda Kunci Partitur Lagu
SMA Pius Gombong tidak hanya membentuk aspek kognitif (: ilmu pengetahuan) para siswa. SMA Pius Gombong menyelenggarakan pendidikan yang holistic sehingga menjadi manusia yang berkembang dewasa dan utuh. Tanda kunci partitur lagu menunjukkan aspek pendidikan humaniora di SMA Pius Gombong.

Piala Kejuaraan
Gambar ini menunjukkan prestasi yang harus diperjuangkan, sesuai dengan moto: “SEMPER EXCELSIUS”. Prestasi yang utama adalah menjadi pribadi yang berperilaku luhur, bermutu dan berdasarkan cinta kasih.

Ijazah (kertas dengan pita tergulung)
Kelulusan tentu menjadi dambaan setiap siswa dan orang tua. Kelulusan berarti juga siswa siap memasuki jenjang hidup selanjutnya. SMA Pius Gombong berupaya mempersiapkan siswa menuju jenjang hidup selanjutnya dengan baik.


b. 7 Berkas Sinar
Perisai dan lambang-lambangnya tersebut bersinar terang. Ini menunjukkan bahwa karakter-karakter yang dibentuk itu menerangi setiap pribadi dan lingkup sekitarnya. 7 berkas sinar ini juga menunjukkan karunia-karunia Roh Kudus yang berkat rahmat Salib Kristus akan senantiasa mendampingi setiap siswa-guru-karyawan-pengurus, yaitu hikmat, pengertian, nasihat, keperkasaan, kesalehan, pengenalan dan takut akan Tuhan (bdk. Yes 11:2).


c. Burung Rajawali
Perisai dan lambang-lambangnya digendong oleh burung rajawali. Burung rajawali yang membubung terbang tinggi. Keutamaan dan karakter yang dibentuk di SMA Pius diharapkan akan membawa kesuksesan bagi setiap siswa.


d. Bunga Teratai Bersudut Lima
Meskipun berada di tengah air berlumpur, bunga teratai bertumbuh menjadi bunga yang mekar indah. Maka bunga teratai dicantumkan dalam logo SMA Pius Gombong untuk mempertegas makna moto SEMPER EXCELSIUS, yaitu bahwa jika manusia mau selalu melakukan yang terbaik, hambatan dan kesulitan bukanlah halangan untuk maju.
Bunga teratai juga melambangkan aktivitas pendidikan yang semakin memanusiakan manusia.
Bunga teratai ini bersudut lima. Sudut lima ini menunjukkan bahwa Pancasila sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945 dihidupi oleh setiap siswa-guru-karyawan-pengurus SMA Pius Gombong.


Sejarah SMA PIUS Gombong baca disini

Download Logo, Arti Logo, Contoh Surat, Kaligrafi dan Wallpaper disini

No comments:

Post a Comment