Thursday, October 25, 2012

9 URL Shortener Terbaik


URL Shortening adalah teknik internet di mana Uniform Resource Locator (URL) dapat dibuatsecara substansial lebih pendek dan saat diklik langsung menuju ke halaman yang dibutuhkan. Ada banyak situs URL shortenergratis, tapi tidak semua layanan untuk memperpendek URL memiliki hasil yang bagus, berikut 9 (sembilan) URL shortener yang layak sobat coba:

1. bit.ly
Alexa Rank = 506  PR = 7/10
Sedangkan bit.ly sebenarnya bukan sekadar URL shortener, tapi juga merupakan layanan untuk menyimpan, berbagi dan menemukan link dari seluruh web milik bitly™, dan mereka menyebutnya dengan istilah bitmarks link.
URL shortener bit.ly dirancang untuk mempersingkat link panjang untuk berbagi lebih mudah. Pengguna dapat mengetik atau sisipkan link yang panjang ke dalam kotak entri link di situs bit.ly, tekan tombol mempersingkat, dan versi singkat dari link dikembalikan. Hal ini membuat link lebih mudah untuk berbagi di situs seperti Twitter, Facebook, MySpace, dll.
Pengguna memiliki pilihan untuk menyalin link singkat ke clipboard, atau berbagi melalui email, Twitter, Gmailatau Facebook. Ketika link ini dibagi dan orang klik di atasnya, ia diarahkan melalui situs bit.ly ke link aslinya. Pengguna terdaftar dari bit.ly dapat menggunakan layanan ini untuk melacak link mereka untuk melihat berapa kali link milik mereka telah diklik.


Alexa Rank = 623  PR = 7/10
TinyURL.com adalah layanan URL shortener milik TinyURL, LLC. Dengan layanan ini kita cukup mengetik atau paste URL yang panjang ke dalam kotak teks pada halaman homedari situs TinyURL, tekan tombol Make TinyURL, dan TinyURL akan merubahnya ke versi singkatdari URL. Selain itu layanan ini pun memberikan opsi untuk hasil ­link pendek yang sesuai dengan keinginan kita.
Layanan TinyURL memiliki masa aktiftak terbatas, kecuali ada laporan URL digunakan untuk spamming atau tujuan ilegal lainnya.

Alexa Rank = 896   PR = 7/10
Berbagi URL website yang panjang bisa menjadi rumit dan tidak efisien. Goo.gl adalah salah layanan URL shortener gratis dari GoogleInc. (Google) dengan opsi masa aktif yang bisa kita atur sendiri, yaitu dua jam, satu hari, satu minggu, satu bulan dan selamanya.
Versi shortenerfungsional dan dapat dengan mudah dikirim lewat email, mengirim sms atau dibagi dalam banyak cara lain.
Kita bahkan dapat membangun sebuah perpustakaan URL singkat untuk situs favorit atau untuk beberapa orang yang sering kita share.


Alexa Rank = 2.610  PR = 7/10
Ow.lymerupakan URL Shortener gratis yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat membuat URL singkat nyaman untuk berbagi melalui email, jejaringsosial atau di tempat lain di web. Pengguna juga dapat mengirimkan informasi kontak mereka yang akan ditambahkan ke daftar akses API Ow.ly, meng-uploadmedia seperti video, gambardan dokumen. Pengguna yang juga memelihara account HootSuite juga dapat memantau statistik untuk setiap URL pendek yang mereka ciptakan.
Ow.ly tidak memerlukan log yang terpisah untuk mengakses alat-alat dasar. Pengguna dapat log in menggunakan akun Twitter mereka dengan mengklik tombol biru muda di bagian atas kanan homepage Ow.ly. Pengguna yang tidak memiliki akun Twitter (atau tidak ingin menghubungkan akun mereka) dapat memasukkan URL dan mengisi kode Captcha dalam bidang yang tersedia. Setelah mengklik tombol "Shrink It", pengguna diberikan akses ke URL yang telah dipersingkat. Untuk uploader file, kita diharuskan untuk log in.


Alexa Rank = 16.507  PR = 6/10
is.gd adalah layanan URL Shortener milik Memset Ltd. Sama halnya dengan layanan di atas, untuk menggunakan layanan ini tidak diperlukan user account.
is.gd menawarkan pengguna cara baru untuk merekam situs-situs favorit mereka. Daripada berurusan dengan URL rumit dan panjang, is.gd menawarkan cara untuk memperpendek link untuk sesuatu yang lebih mudah diingat dan lebih mudah untuk meneruskan. Hasil dari layanan ini adalah link yang jauh lebih mudah untuk menulis dan menghafal serta sesuatu yang mudah untuk menyampaikan kepada orang lain.


Alexa Rank = 18.712  PR = 5/10
Tiny.cc adalah sebuah aplikasi dengan tampilan yang sederhana, tetapi memiliki kemampuan cukup dalam. Tujuan utama layanan ini adalah memberikan kontrol penuh pada pengguna untuk dibagikan kepada teman atau jejaringan sosial. Tiny.cc mengambil link panjang dan meringkasnya menjadi kecil. Tiny.cc kemudian melacak statistik dari masing-masing negaraasal link-lintas dibuat.
Tiny.cc sangat mudahdigunakan. Semua pengguna perlu lakukan adalah menyisipkan link-nya ke dalam kotak dan klik "Tiny!". Kelebihanlainnya bagi pengguna terdaftar, setelah login, kita memiliki akses ke segala sesuatu yang kita butuhkan langsung dari dashboard. Antarmukanya simpel dan elegan, serta menyediakan informasi akun dengan jumlah yang tepat.


Alexa Rank = 96.786  PR = 5/10
SnipURL menawarkan pengguna cara untuk membuat link websitelebih pendek dari aslinya. Link tersebut kemudian dapat dengan mudah berbagi dengan orang lain di forumatau blog.
Meskipun mereka telah mengembangkanfitur tambahan untuk membantu pengguna mengelola dan menciptakan URL Shortener, layanan yang ditawarkan benar-benar gratis.
Pada settingakun, kita bisa mengatur layanan untuk URL shortener yaitu cl.lk, snipr.com, snurl.com, dan snipurl.com. SnipURL menjamin kalau semua layanan itu sama cepat, namun kita mungkin perlu untuk login di situs yang kita pilih.


Alexa Rank = 329.585  PR = 2/10
y.ahoo.it merupakan layanan URL shortener gratis dari Yahoo! Inc. (Yahoo!) yang diciptakanoleh para penggunayang berinteraksi pada jaringan Yahoo!.


Alexa Rank = 725.427  PR = 2/10
Nah kalau ini layanan URL shortener karya putra Indonesia, yang kelak semoga saja bisa bersaing dengan produk luar ya...
Amien...



Dari kesembilan layanan URL shortener di atas, saya pribadi paling suka dan paling sering menggunakan layanan dari TinyURL, karena kita bisa membuat url sesuai keinginankita, seperti,

Semoga Bermanfaat dan Salam Berbagi Sob!...
═╣ Terinspirasi dari Blog Ondoro ╠═

No comments:

Post a Comment