Saturday, October 15, 2011

Arti dan Makna Logo Kabupaten Bangkalan

 

Lambang Daerah Kabupaten Bangkalan ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 1971. Lambang Daerah melukiskan suatu keadaan daerah Kabupaten Bangkalan sebagai salah satu daerah di Pulau Madura, yang mempunyai ciri-ciri khas sendiri adalah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


PERISAI  :
Bentuk bunga teratai bersudut lima sebagai lambang kesetiaan penuh kepada Pancasila dan sifat Kesatriaan, Keagungan, Persaudaraan dan Relegius dari masyarakat daerah Kabupaten Bangkalan.
 
BINTANG KUNING EMAS  :
Sebagai lambang segala langkah perjuangan masyarakat selalu dipedomani keparcayaan yang mendalam Kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
 
SEBUAH SENJATA MANGGALA dan SENJATA CAKRA  :
Sebagai lambang jiwa kepahlawanan dalam menentang penjajah dahulu selalu diwarisi oleh generasi-generasi selanjutnya dalam mempertahankan tegaknya Negara Republik Indonesia yang berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila.
 
LAUTAN  :
Sebagai tanda bahwa Daerah Kabupaten Bangkalan sebagai bagian dari Pulau Madura yang dibatasi oleh lautan dari tiga arah, sebagai lambang dari kearifan dan kebijaksanaan yang dalam,  serta kelapangan dada dalam menyelesaikan tugas dan kewajiban.
 
PANAH, ANAK PANAH dan BUSURNYA  :
Sebagai lambang kemauan yang keras dalam perjuangan menuju masyarakat adil dan makmur sesuai dengan tujuan Proklamasi  17 Agustus 1945.
 
API KONANG  :
Sebagai lambang semangat yang tidak kunjung padam dari rakyat Daerah Kabupaten Bangkalan, dikenal sebagai daerah yang aktif membantu suksesnya pembinaan persaudaraan dengan bangsa-bangsa lain di dunia dengan melalui forum olahraga (GANEFO I).
 
UNTAIAN BUNGA KAPAS  : Sebanyak 17 (tujuh belas) butir dan
 
UNTAIAN PADI  : Sebanyak 45 (empat puluh lima) butir
 
SESANTI CIPTA INDRA CAKTI DHARMA  :
Yang berarti bahwa segala karya dari manusia hanya dapat terwujud dengan baik apabila mendapat Ridho dari Tuhan Yang Maha Esa.

sumber : http://bangkalankab.go.id/

Download Logo Kabupaten Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur disini

No comments:

Post a Comment